01 January 2011

Jajanan Sehat Untuk Anak Sekolah

Anak sekolah dan penjaja makanan. Sumber: Pikiran Rakyat
Harus diakui, jajanan di sekolah merupakan kudapan yang banyak menarik perhatian anak-anak. Dengan harga yang relatif terjangkau, jajanan sekolah juga mempunyai jenis yang beragam. Mulai dari yang dipanggang, direbus, sampai dengan yang digoreng. Tak hanya itu, jajanan di sekolah juga bisa menjadi topik pembicaraan yang menyenangkan ketika mereka besar kelak.

Apakah anda ingat jajanan favorit anda ketika sekolah dulu? Kalau saya suka sekali jajan cireng (aci digoreng) atau cilok (aci dicolok). Kedua makanan ini dimakan hangat dengan taburan saus kacang pedas. Mmm... enaknya! Tak heran kalau hampir setiap hari saya membelinya selepas jam sekolah. :)

Apa yang kita lakukan dulu ketika jajan di sekolah mungkin tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan anak-anak sekolah saat ini.

Dengan segala kepolosannya, banyak anak sekolah yang dengan mudahnya membeli jajanan ini dan itu tanpa berpikir panjang. Acapkali tidak terlintas oleh mereka bahwa jajan sembarangan bisa berakibat buruk bagi kesehatan mereka sendiri.



Kondisi ini diperparah oleh kenyataan bahwa banyak jajanan sekolah yang keamanan dan kebersihannya meragukan. Kantor berita ANTARA misalnya, menyebutkan kalau 45 persen jajanan anak sekolah adalah berbahaya karena mengandung zat kimia dengan kadar berlebih dan juga terkontaminasi oleh bakteri patogen. Sedangkan usaha Pemerintah untuk memperketat pengawasanpun sepertinya masih belum bisa untuk menekan produksi jajanan yang berbahaya tersebut.

Bakteri E.Coli penyebab sakit, umum ditemukan pada jajanan anak sekolah.
Pada akhirnya orang tua, mau-tidak-mau, dituntut agar lebih waspada terhadap apa yang dikonsumi anak-anak mereka di sekolah. Selain memberikan pemahaman yang lebih baik akan pentingnya kebersihan makanan, orang tua juga bisa mengakali situasi ini dengan menyediakan cemilan yang lebih sehat.

Menghadirkan cemilan yang lebih sehat bisa dimulai dengan membuat jajanan kesukaan anak di dapur kita sendiri. Misalnya saja anak kita suka cireng, maka kita bisa membuat gorengan aci dengan bahan dan minyak yang kualitasnya lebih baik. Dengan demikian kebersihan dan kualitas makanan yang dikonsumsi anak kita pun menjadi lebih terjaga.

Walaupun begitu, kita tetap tidak bisa mengelak dari kemungkinan bahwa anak kita akan tetap jajan di sekolah. Untuk mensiasatinya, kita bisa melengkapi asupan gizi dan vitamin mereka agar daya tahan tubuhnya tetap prima dan terhindar dari jatuh sakit karena mengkonsumsi jajanan yang kurang bersih.

Salah satu jenis makanan yang mampu menyediakan kelengkapan gizi dan vitamin dalam satu paket adalah yogurt. Karena yogurt terbuat dari susu, maka yogurt mewarisi kelengkapan gizi dan vitamin yang dimiliki susu    dan ditambah dengan adanya kandungan bakteri baik Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus. 

Tidak sedikit ahli kesehatan, baik dari kalangan medis ataupun kesehatan-alternatif, yang menyakini bahwa yogurt memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Yogurt sebagai pelengkap gizi dan vitamin untuk anak.

Situs WebMD misalnya mengatakan bahwa salah satu manfaat yogurt adalah kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengatasi diare serta infeksi saluran pencernaan.

Sehubungan dengan jajanan di sekolah, maka manfaat yogurt seperti tadi merupakan keunggulan yang bisa dipertimbangkan oleh orang tua untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sekaligus melengkapi kebutuhan gizi dan vitamin mereka.

Harga yogurt juga relatif terjangkau, dan  dengan berbagai pilihan rasa yang ada, yogurt benar bisa menjadi alternatif pelengkap gizi yang disukai anak.

Jajanan di sekolah merupakan kudapan yang seringkali menarik perhatian anak sekolah. Dengan segala kepolosannya, anak-anak acapkali tidak memikirkan efek samping dari jajanan yang kurang bersih lagi tidak jelas kandungan kimianya.

Kondisi ini menuntut orang tua untuk lebih waspada terhadap apa yang dibeli anak mereka di sekolah. Memberikan pemahaman tentang pentingnya kebersihan makanan bisa membantu mencegah anak-anak dari mengkonsumsi makanan yang berbahaya. Selain itu, memberikan pelengkap gizi dan vitamin seperti yogurt, akan memberikan anak-anak perlindungan yang lebih baik terhadap hal-hal yang bisa menyebabkan mereka sakit.


.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...